Earth Hour 2010

Earth Hour 2010

Earth Hour 2010

“Earth Hour” untuk tahun 2010 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Maret 2010, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat, dengan aksi mematikan lampu penerangan selama 60 menit (pada pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat).

Aksi ini akan dilakukan sebagai bentuk dukungan antisipasi perubahan iklim akibat pemanasan global, juga sebagai demonstrasi keprihatinan akan kondisi planet bumi, sekaligus sebagai upaya untuk lebih bersahabat dengan bumi kita.

Ada banyak hal yang masih bisa dilakukan selama satu jam tanpa menyalakan lampu penerangan nanti. Salah satunya adalah memberi kesempatan kepada diri kita sendiri untuk mengistirahatkan mata (dari cahaya) dan mengistirahatkan telinga kita (dari hiruk pikuk), sekaligus memberikan waktu bagi diri sendiri untuk menyepi dan merenung.

Jadi selama 60 menit itu, ada hal-hal yang masih bisa dilakukan.

Cobalah resapi kegelapan di sekeliling Anda. Bagaimana rasanya “kegelapan” itu?

Ada wilayah-wilayah lain di dunia ini yang sudah krisis listrik sehingga kapan saja mereka harus siap untuk hidup tanpa listrik. Ada pula orang-orang yang sepanjang waktu tinggal dalam lingkungan dan suasana yang gelap karena area mereka yang terpencil dan jauh dari aliran listrik.

Renungkanlah kehidupan Anda versus mereka. Bayangkanlah perasaan mereka yang tidak terucapkan oleh kata-kata.
Bayangkanlah perasaan mereka setiap kali mereka menyaksikan betapa banyaknya orang yang masih jauh lebih beruntung dari mereka, tetapi tidak tahu menghargai berkah, malah justru menghambur-hamburkan itu semua … sedangkan mereka harus menelan kepahitan dan sakit hati mereka akibat tidak seberuntung orang-orang lainnya.

Jadi, bila Anda termasuk orang yang lebih beruntung dibandingkan mereka, sudahkah Anda menghargai berkah dan anugerah yang telah ada selama ini? Ataukah Anda masih menganggap remeh semuanya itu dan terus menghambur-hamburkan sumber daya yang ada di bumi ini?

Karena itulah, selama satu jam itu, rasakanlah suasananya. Ketika tidak ada listrik dan segala sumber daya yang kita butuhkan, seperti apa rasanya?
Renungkanlah, bila sumber daya di bumi masih dihambur-hamburkan sampai akhirnya kita mencapai tahap di mana listrik dan sumber daya lainnya sudah tidak ada lagi di bumi ini, karena sudah habis akibat sifat boros kita, bagaimana hidup kita jadinya?

Dengarkan kesunyian yang ada di sekeliling Anda.

Benar, dengarkanlah kesunyiannya. Cobalah untuk mengingat, bagaimana perbedaan “suara” antara hidup dengan listrik versus hidup tanpa listrik. Bagaimana rasanya?

Jadikanlah waktu satu jam itu untuk merenungkan semua hal yang sudah pernah Anda miliki. Hitunglah segala berkah dan anugerah dalam hidup ini, hargailah dan mulailah bersyukur atas segala berkah dan anugerah yang masih dikaruniakan kepada Anda, dan jangan menghambur-hamburkannya lagi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang “Earth Hour”, silakan mengunjungi URL berikut ini:

Sendal Jepit
tongkrongan

Sendal Jepit

Penulis at RehatSejenak.com
Mantan "Kalong" yang juga merupakan fans berat kucing & kelinci. Ngeblog di RehatSejenak.com sebagai pelampiasan stress dari efek samping akibat jarangnya dapat schedule off di tempat kerja. :3
Sendal Jepit
tongkrongan

Latest posts by Sendal Jepit (see all)

2 Comments

  1. salam super-
    wah,, kalau kami yang di Bali sudah turut serta melalu perayaan nyepi lho…
    :cendol :cendol

    • Sasha says:

      salam super juga :shakehand2
      iya, saya jadi prihatin sama tetangga sekitar. satu jam aja pada ga mau. :malu2 pada kalah sama kesungguhan hati teman-teman di Bali. :cd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TrackBack URL

http://rehatsejenak.com/earth-hour-2010.htm/trackback

PAGE TOP