Tips Mencari Inspirasi

Ada kalanya dalam kehidupan, pekerjaan, tugas, ataupun hal lainnya dalam kehidupan sehari-hari, seseorang bisa saja mengalami perasaan “terkuras”, yang kemudian mengarah kepada kebuntuan ide, atau bila berkepanjangan bahkan sudah sampai masuk kondisi “mental block”. Suatu kondisi yang mirip “writer block” bagi para penulis, tetapi cakupannya berbeda.

Saat hal semacam ini tiba-tiba saja terjadi, bila berlangsung dalam waktu singkat, mungkin tidak terlalu masalah, karena hanya perlu dibarengi dengan istirahat sebentar atau refreshing sesaat, dan kemudian ide-ide segar akan bermunculan kembali dalam sekejap mata, pikiran tercerahkan kembali, perasaan stress mungkin juga sudah terangkat dan hilang, lalu aktivitas dan kreativitas kembali lancar.

Tetapi bagaimana bila kebuntuan itu sampai berlarut-larut melebihi jumlah jam, hari, atau bahkan hitungan minggu dan bulan? Tentunya tidak menyenangkan sama sekali bagi kita. :(

Mencari inspirasi sebenarnya gampang-gampang susah. Banyak orang mungkin akan mengusulkan supaya kita banyak membaca buku, tetapi tidak semua orang yang benar-benar punya niat membaca buku di kala mengalami kebuntuan. Bahkan kebanyakan orang justru tidak tahu mereka sebaiknya mencari buku apa. Perasaan jengkel biasanya membuat orang lebih ogah menekuni teks yang ada, ujung-ujungnya, bisa jadi buku itu cuma dibiarkan tergeletak kembali.

Jadi sebaiknya bagaimana?

Saran 1: Mencari Teman Mengobrol

Mencari teman untuk berbincang mungkin malah lebih bisa menjadi salah satu solusi. Lebih bagus lagi, bila teman itu merupakan teman berbincang yang jarang kita jumpai pada keseharian hidup kita atau yang bidangnya jauh berbeda dari bidang kita.

Mengapa?

Pertama, penyegaran kembali terhadap pikiran dan jiwa kita akan lebih terasa. Bisa jadi kebuntuan itu karena kita merasa overload, sumpek, bosan, dalam taraf parahnya mungkin “muak” terhadap bidang yang sedang kita cari inspirasinya. Kalau seperti itu yang terjadi, pembicaraan dengan teman yang tidak terkait sama sekali dengan bidang kita ini, akan menjadi suatu hal baru yang lebih menarik dan menyenangkan, sekaligus menyegarkan.

Selain itu, pertukaran pikiran yang tidak disangka-sangka bisa saja terjadi. Ibarat melihat bidang kita dari sisi yang berbeda, dalam sekejap saja mungkin hal yang tak pernah kita pikirkan jadi melintas di benak kita karena topik obrolan dengan teman yang satu itu.

Bisa jadi kita malah mendapatkan inspirasi baru yang “out of the box”.

Saran 2: Cari Minat Baru

Mengapa tidak? Minat baru juga bisa menjadi penyegaran bagi Anda, karena Anda jadi melihat hal-hal yang baru, yang jarang-jarang Anda jumpai sebelumnya.

Bila Anda seorang blogger, mungkin minat atau hobby baru ini bisa menjadi inspirasi untuk topik blogging berikutnya. Bila Anda seorang designer, barangkali saja hal baru ini memberikan warna-warna dan bentuk-bentuk baru yang sama sekali belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Bila Anda seorang pengajar, bisa jadi minat baru ini nantinya menjadi salah satu bidang baru profesi Anda, atau malah menambah kekayaan inspirasi Anda dalam berbagi dengan murid-murid Anda.

Intinya, minat baru bisa menjadi kandidat untuk menguatkan kreativitas Anda. Karena Anda terpicu untuk bereksperimen dan belajar karena suatu kesenangan yang bisa memperkaya kreativitas Anda.

Saran 3: Berjalan-jalan ke Tempat Baru

Kapan terakhir kali Anda pergi ke suatu tempat tertentu? Tempat yang positif ya tentunya. :) Misalnya museum? Atau taman buah? Atau kebun binatang? Atau pertunjukan musik klasik? Atau barangkali kedutaan besar? Bisa saja.

Tempat-tempat yang jarang-jarang kita kunjungi biasanya mempunyai nuansa yang berbeda dari yang selama ini kita kenal. Kita melihat segi-segi kehidupan yang lainnya, lingkungan yang baru bagi kita, sesuatu yang mungkin sangat asing bagi kita. Tahukah Anda, bahwa otak kita akan menyerap lebih banyak hal lagi dan mengolah segala hal baru dan asing ini untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan kita selama ini?

Tiga saran di atas hanya merupakan sebagian kecil dari hal-hal yang bisa kita lakukan untuk keluar dari mental block kita. Intinya, jangan memaksa untuk terus berdiam di kondisi yang itu-itu saja, atau di lingkungan yang itu-itu saja. Carilah hal-hal baru yang di luar dugaan. Anda akan terkesima dengan apa yang Anda temukan, dan bisa jadi, Anda akan terkesima dengan ide baru yang muncul di benak Anda sendiri.

Semoga sukses dengan pencarian inspirasi Anda! :)

Alexandra

Penulis at RehatSejenak.com
nggg ... sepertinya si Imut-imut yang satu ini kelupaan memperkenalkan dirinya sendiri. /(=.=!)__

Latest posts by Alexandra (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TrackBack URL

http://rehatsejenak.com/tips-mencari-inspirasi.htm/trackback

PAGE TOP